Kamus SEO: Istilah Dalam SEO dan SEM bag I

Kamus SEO: Istilah Dalam SEO dan SEM

Sebelum kita membuat web/blog kita harus menyiapkan strategi,supaya web/blog kita menjadi terbaca cepat oleh search engine.

Dan inilah kamus/istilah yg harus dipelajari lebih dulu.

Algorithm (Algoritma)
Langkah-langkah matematis yang terbatas dan berurutan untuk memecahkan masalah.
Setiap Search Engine memiliki algoritma masing masing untuk menentukan relevansi query yang digunakan dengan data-data website yang mereka miliki untuk menentukan daftar hasil pencarian search engine tersebut.
Algorithmic Results
Hasil yang disediakan oleh search engine berdasarkan algoritma tertentu atas respon terhadap query yang digunakan, dikenal sebagai Organic Listing.
Biasanya search engine juga menampilkan Paid Listing bersamaan dengan Organic Listing. Meski demikian, daftar dari Paid Listing yang ditampilkan biasanya juga relevan dengan query yang digunakan.
Alt Tag/Alt Text (Alternate Tag/Alternate Text)
Teks yang ditampilkan sebagai pengganti dari gambar pada suatu halaman web site ketika gambar tidak bisa ditampilkan atau ketika mouse diletakkan di atas gambar tersebut.
Alt Tag/Alt Text berguna dalam SEO karena dapat memuat keyword yang digunakan pada halaman tersebut.
Analytics
Teknik/teknologi, pemrograman dan data yang digunakan dalam Search Engine Marketing untuk menganalisa performa dari suatu website atau sukses dan tidaknya suatu website dalam hubungannya dengan Internet Marketing Campaign.
Anchor Text
Juga dikenal sebagai link, yang menghubungkan sebuah halaman website dengan halaman website lain atau bagian dari suatu halaman website dengan bagian lainnya dalam halaman yang sama.
Anchor Text berguna dalam SEO karena Search Engine mempertimbangkan link yang berisi keyword sebagai link yang relevan.
Backlinks
Dikenal juga sebagai Backward Links atau Inbound Links, adalah semua link pada website lain yang membawa pengunjung pada website tersebut ke website Anda.
Backlinks dapat menaikkan posisi website Anda pada SERP secara signifikan, apalagi apabila backlink tersenbut terdapat pada website dengan Page Rank yang tinggi.
Banned
Disebut juga sebagai Blacklisted atau Delisted, adalah URL yang telah dihapus dari indeks Search Engine, biasanya karena didapati telah melakukan Black-Hat SEO. Website yang termasuk di dalamnya akan diabaikan oleh Search Engine dan tidak dimunculkan dalam SERP.
Banner Ad
Gambar yang dipasang sebagai iklan. Banner Ad memiliki ukuran yang bervariasi, biasanya berukuran 125×125 pixels, 468×60 pixels, 300×250 pixels, 250×250 pixels atau 728x90pixels.
Black Hat SEO
Teknik SEO yang tidak wajar/tidak etis atau teknik yang dilakukan untuk menipu Search Engine dengan tujuan untuk mendapatkan posisi yang baik pada SERP. Termasuk di antaranya adalah Spam, Cloacking atau melanggar ketentuan yang ditetapkan oleh Search Engine.
Melakukan Balck-Hat SEO dapat menyebabkan website Anda di-ban dari Search Engine.
Broken Link
Link yang tidak lagi mengarahkan pengunjung ke halaman website yang dituju.
Search Engine tidak menyukai Broken Link, menjaga setiap link pada website Anda tetap aktif adalah salah satu hal yang penting dalam meningkatkan performa website Anda.
Click Fraud
Pelanggaran atau tindakan ilegal yang menyalahi aturan/kesepakatan dalam kerjasama iklan CPC atau PPC dimana pemilik website diuntungkan dalam hal meraih imbalan dari setiap pengunjung yang meng-klik iklan yang dipasang pada website mereka.
Click-Through
Kejadian dimana seseorang meng-klik suatu iklan atau link pada daftar website tertentu dan menuju website lainnya. Mendapatkan Click-through yang tinggi adalah salah satu tujuan utama dalam SEO.
Click-Through Rate (CTR)
Persentase antara pengunjung yang berasal dari meng-klik sebuah link tertentu terhadap total pengunjung yang menuju suatu website.
Cloaking
Usaha yang dilakukan untuk memberikan tampian yang berbeda terhadap pengunjung suatu website.
Dalam hal tertentu, seperti membuat tampilan yang berbeda kepada pengunjung yang menggunakan browser berbeda bisa saja dilakukan. Cloacking menjadi ilegal ketika dilakukan untuk memberikan tampilan yang sama sekali berbeda terhadap pengunjung biasa dan Search Engine, hal seperti ini bisa menyebabkan website Anda dimasukkan dalam Blacklisted.
Contextual Link Inventory (CLI)
Data yang digunakan sebagai pembanding antara iklan yang sesuai dengan keyword tertentu terhadap konten suatu website.
Conversion
Istilah yang digunakan untuk menggambarkan berapa lama seorang pengunjung berada pada suatu halaman website dan pada akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan, meminta informasi lebih lanjut atau mendaftarkan sebuah akun pada website tersebut.
Conversion Rate
Persentase perbandingan antara pengunjung yang memutuskan untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan, meminta informasi lebih lanjut atau mendaftarkan sebuah akun pada website tersebut dengan total pengunjung yang mengunjungi website tersebut pada periode tertentu.

Cost-Per-Acquisition (CPA)

Disebut juga sebagai Cost-per-Action, merupakan variabel yang ditentukan dari perbandingan antara total klik yang didapat atau total biaya yang dikeluarkan dalam hal pemasangan iklan dengan conversion yang dihasilkan atau dapat dirumuskan: CPA = Cost / Conversion.
Cost-Per-Click (CPC)
Dikenal juga sebagai Pay-per-click atau Pay-per-performance, adalah sistem yang digunakan oleh Search Engines untuk menentukan biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan untuk setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung.
Cost-Per-Thousand (CPM)
Dikenal juga sebagai Cost-per-mile (mile = 1000 dalam bahasa latin) atau Cost-per-impression, adalah sistem yang digunakan oleh Search Engines untuk menentukan biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan untuk setiap 1000 kali iklan dimunculkan.
Crawler
Dikenal juga sebagai Spider atau Robot, adalah program yang dijalankan oleh Search Engines untuk mengumpulkan data, mengikuti link yang ditemukan dan menyimpan setiap perubahan atau data baru yang ditemukan pada sebuah website dan menyimpan URL website tersebut pada indeks agar dapat menampilkan hasil pencarian yang lebih cepat dan akurat.
Description Tag
Dikenal juga sebagai Meta Description Tag, adalah kode HTML yang memberikan informasi/deskripsi kepada Search Engines yang berisi rangkuman informasi pada halaman website tersebut.
Directory
Daftar website yang dibuat secara manual oleh seseorang dan bukan oleh Cramwler.
Doorway Page
Dikenal juga sebagai Gateway Page atau Landing Page, berupa halaman yang minimalis dan berisi konten yang spesifik berdasarkan dan di-optimisasi untuk keyword tertentu dengan tujuan mendapatkan posisi yang lebih baik pada SERP.
Dynamic Content
Halaman/konten website yang berubah secara dinamis berdasarkan data pada database atau aktivitas yang dilakukan pengunjung. Halaman SERP adalah salah satu contoh Dynamic Content.
Geographical Targeting
Mentargetkan SEO dan SEM pada wilayah geografis tertentu seperti negara dengan maksud mengutamakan target pemasaran suatu bisnis pada wilayah tersebut.
Geographic Segmentation
Analsa yang digunakan untuk mengkategorikan asal kunjungan yang menuju suatu website berdasar.
Graphical Search Inventory (GSI)
Serupa dari Contextual Link Inventory, perbedaannya adalah data yang digunakan sebagai acuan berasal dari link yang bukan berupa teks seperti Banner Ad dan lain-lain.
Gray Hat SEO
Teknik yang bisa saja dianggap sebagai Black-Hat SEO atau White-Hat SEO.
Yang termasuk dalam Grey-Hat SEO antara lain, Doorway Pages, Gateway Pages, Cloaking dan duplicate content.

No comments: